Senin, 08 Agustus 2011

Kapal Induk


Di era perang teluk kita sering menyaksikan dilayar kaca kemampuan kapal induk dalam memobilisasi pasukan. Bayangkan saja, 300.000 ribu pasukan Amerika yang menduduki Irak membutuhkan peralatan yang banyak. Mulai dari pesawat, tank, altileri, dll. Semua itu sebagian besar di suplai oleh kapal induk.

Kapal Induk diperkirakan mampu mengangkut sekitar 80 pesawat dari berbagai tipe , 2000 awak, 4000 berbagai macam bom, plus bahan makanan. Jenis –jenis pesawat yang dingkut (khusus kapal induk Amerika) ada sekitar enam tipe yaitu, F/A-18 Hornets, F-14 Tomcats, SH-60 Seahawks, S-3B Vikings, E-2C Hawkeyes and EA-6B Prowlers.
F/A-18 Hornets
F-14 Tomcats
SH-60 Seahawks
S-3B Vikings
E-2C Hawkeyes
EA-6B Prowlers
 Desain Kapal Induk (Carrier Ship)
 1. Primary Flight Control
Primary Flight Control (pri-ply) adalah menara kontrol yang mengatur seluruh operasi penerbangan. Di menara seluruh pergerakan pesawat dipantau baik saat takeoff, landing maupun pergerakan disekitar kapal induk
2. Bridge
Bridge merupakan ruang kontrol utama saat kapal induk berlayar. Semua perintah yang mempengaruhi seluruh pergerakan kapal induk, di instruksikan oleh Officer of the Deck (OOD) dari tempat ini. OOD mengawasi selama 4 jam dan bertanggung jawab atas keamanan dan operasi kapal induk, termasuk navigasi, komonikasi, inspeksi dan tes rutin dan mengawasi seluruh team. Juru mudi (mengendalikan kapal) dan juru mesin (mengendalikan mesin) yang diawasi oleh seorang kepala kelasi melakukan aktifitasnya diatas brige.

3. Flag Bridge
Flag Bridge merupakan ruang kontrol lalu lintas pergerakan muatan kapal. Pesawat, Heli, Tank dan Pasukan dan semua muatan kapal pergerakan lalu tintasnya akan di atur oleh Flagman yang dimonitor dari Flag Bridge ini. Serta tempat memasang bendera sebagai identitas kapal dan teritotial

 4. Catapult dan Arrester
Catapult merupakan alat untuk melontarkan pesawat sebelum takeoff. dengan empat buah catapult kapal induk dapat menerbangkan satu pesawat setiap 20 detik. Catapult terdiri dari piston besar (300 kaki) yang dibenamkan di dalam deck, pada permukaan deck hanya berupa peralatan kecil yang dipasang pada roda depan pesawat (plane's nose gear). Alat ini yang akan melontarkan pesawat dengan akselerasi 0-160 knot dalam 2 detik. Sedangkan Arrester atau Arrestor merupakan semacam tali pengait yang membantu pendaratan pesawat saat landing, biasanya berkumlah 2-4 buah

 5. Galery (03) Deck
Galery Deck adalah permukaan yang datar diatas kapal tempat takeoff dan landing pesawat tempur.
6. Main Hanger Deck
Main hanger deck adalah area dibawah deck yang digunakan untuk menyimpan bom, senapan, peluru kendali dan pesawat cadangan (memuat hingga 60-70 pesawat).
7. Second Deck
Second deck merupakan tempat awak kapal induk beraktifitas. diruangan ini terdapat tempat makan, cafetaria, dapur umum dan toilet.
8. Third Deck
Third deck tempat peralatan bengkel, loundry, ruang kesehatan, tempat alat ruang pendingin, telepon umum dan komunikasi (untuk awak).
9. Fourth Deck
Fourth deck memuat peralatan suku cadang mesin kapal induk dan peralatan bengkel serta cadangan bahan bakar.
10. Engine Room
Engine room merupakan tempat mesin, bahan bakar. areal ini merupakan areal yang sangat terjaga karena merupakan jantungnya kapal induk.


sumber : http://www.kaskus.us 
http://putrasaimima.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar