Senin, 19 September 2011

Pesawat ANTONOV-225

BURUNG BESI TERBESAR DI DUNIA




Antonov An-124 Rusia (bahasa RusiaАнтонов Ан-124 «Руслан») (NATO: Condor) adalah pesawat terbang terbesar yang pernah diproduksisampai Airbus A380 diproduksi. An-225 Mriya, merupakan pengembangan desain dari pesawat Antonov ini.


Dengan bentangan sayap selebar 88,4 meter dan ruang kargo berkapasitas di atas 250 ton - setara dengan 80 buah mobil, pesawat raksasa Antonov - 225 hasil kolaborasi Antonov Company dan Ukraine's Motor Sych Company akhirnya menjumpai sukses pertamanya selkama 15 menit di udara dalam ujicoba penerbangan pendahuluan selama 15 menit. Ujicoba terhadap prototip pesawat terbesar di dunia yang digerakkan oleh enam buah mesin pancar gas ini dilakukan di lapangan udara Hostomel di dekat Kiev, ibukota Ukraina. "Ujicoba berlangsung sukses. Semua nampak dalam kondisi terbaik !", sahut Petro Balabuyev, pimpinan Antonov Company. Balabuyev berharap dalam enam minggu ke depan setelah ujicoba penerbangan ini, versi komersial Antonov-225 bisa segera diluncurkan ke pasar internasional. Untuk itu ia berharap mampu memamerkan burung besi ini dalam pameran kedirgantaraan Le Bourget di Perancis.


Proyek Yang Tertunda

Antonov-225 dirancang semenjak satuu dekade silam dengan tujuan sebagai penghela bagi pesawat antariksa Bourane dalam penerbangan-penerbangan antariksanya. Antonov versi ini sekaligus meraih gelar sebagai pesawat terbesar di dunia, menggantikan peran Antonov-224-200 "Ruslan" yang telah memasuki pasaran komersial dengan 8 buah pesawat kargo. Namun runtuhnya Uni Soviet di dekade lalu menyebabkan keruntuhan serupa di lingkungan industri penerbangan negara beruang merah itu dan memaksa Antonov Company mengandangkan pesawat prestisius ini.
Selain itu, kesulitan keuangan yang melanda Antonov Company pasca bubarnya Uni Soviet menyebabkan penyelesaian pesawat ini terkatung-katung. Sehingga memaksa Antonov Company untuk mencari mitra kerja lain dan sekaligus memangkas rencana pembuatan dua buah prototip menjadi hanya sebuah saja, yang itupun telah menghabiskan biaya sebesar US $ 20 juta - bandingkan dengan F-16 yang 'hanya' berharga US $ 16 juta. 



Varian

B-52 & Tu-95.jpg
AN-124-100 1.jpg
Russian heavylift freighter AN-124.jpg
An-124 Ruslan
Pesawat kargo khusus
An-124-102
An-124-130
An-124-100
Pesawat kargo komersil
An-124-100M

Pesawat Kargo Antonov 124 yang akan digunakan untuk mengangkut roket Polet yang akan membawa satelit dalam program peluncuran satelit dari Pulau Biak, ternyata tak pernah sepi dari order militer.
Antonov 124 Ruslan dirancang oleh ASTC Antonov di Kiev, Ukraina, merupakan pesawat kargo yang sanggup mengangkut lebih dari 150 ton bagasi. Pesawat ini dibuat oleh perusahaan Aviant State Aviation Plan, Kiev dan Aviastar, Ulyanvsk, Rusia. Pesawat ini telah memecahkan rekor dunia penerbangan diantaranya rekor mengangkut 171,291 Kg diatas ketinggian 10,750 M. Antonov 124 ini didesain untuk penerbangan jarak jauh dan pendropingan alat-alat berat dari udara, diantaranya mesin-mesin perang dan perlengkapan perang. NATO pernah melaporkan bahwa misi penerbangan untuk kepentingan militer Rusia yang menggunakan pesawat Antonov 124 disebut Condor.
Antonov 124-100 menerima sertifikat kelayakan penerbangannya pada tahun 1992. Volga-Dnieper Airlines Rusia memiliki 10 buah Antonov 124. Polet Airlines Rusia mengoperasikan delapan buah Antonov-124, salah satunya akan beroperasi di Biak nanti.
Sejak diperkenalkan tahun 1986, pesawat Antonov 124 tak pernah sepi dari order militer. Baik untuk kepentingan militer Rusia sendiri, negara-negara Eropa hingga Amerika Serikat. Misi-misi militer Amerika di Afrika beberapa kali mencatat penggunaan pesawat Antonov 124. Pada bulan Februari tahun 2006, NATO menandatangani kontrak untuk menggunakan Antonov 124, dibawah Strategic Airlift Interim Solution (SALIS), dari Ruslan SALIS GmbH (perwakilan Antonov dan Volga-Dnepr). Dua pesawat berbasis di Leipzig airport dan empat lainnya masih dalam penjajakan. Kontrak ini berlaku selama tiga tahun dan kemudian akan diperbaharui setiap tahun hingga tahun 2012. Selain itu, The US Air Mobility Command selama ini telah menyewa Antonov 124 dari Volga-Dnieper sejak tahun 2003 untuk transportasi alat-alat berat mereka.*



Spesifikasi

Antonov-124.gif
D-18T Engines.jpg
Data dari antonov.com[2]

Karakteristik umum

  • Kru: 6
  • Kapasitas: 88 passengers
  • Payload: 150,000 kg
  • Panjang: 68.96 m
  • Lebar sayap: 73.3 m
  • Tinggi: 20.78 m
  • Luas sayap: 628 m²
  • Bobot kosong: 175,000 kg
  • Bobot terisi: 405,000 kg
  • Bobot berguna: 230,000 kg
  • Bobot maksimum lepas landas: 405,000 kg
  • Mesin: 4× Ivchenko Progress D-18T turbofans, 229.5 kN masing-masing

Kinerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar